Sunday, July 17, 2011

SETANDAR OPRASIONAL PROSEDURE

STANDART OPERASIONAL PROSEDURE
Operasional system adalah suatu kata yang tidak asing lagi digunakan dalam suatu organisasi.Sehingga banyak personil dalam suatu organisasi yang sering mendengar tetapi sangatlah sulit untuk menjelaskan. Hal tersebut banyak disebabkan oleh kurangnya sosialisasi mengenai sistem yang akan diterapkandalam suatu pekerjaan tertentu.Tidak terkecuali bidang pekerjaan seperti bidang Pengamanan itu sendiri. Sehingga banyak personil yang merasa bahwa Operasional pekerjaan mereka tidak lebih dari suatu aktifitas rutin belaka. Memahami hal tersebut,menejemen pusat mengambil langkah tertentu untuk segera mensosialisasikan Operasonal System tersebut melalui Pendidikan ataupun kursus-kursus tertentu guna mencapai hasil yang diharapkan yaitu Profesionalisme. Profesionalisme itu sendiri di mempunyai arti : Menyenangi,Kebanggaan,Kemampuan & Kreatifitas Positif dalam menjalankan pekerjaannya.
Oleh karena itu ,sangatlah perlu untuk memberikan suatu buku petunjuk khusus Operasional System. Dengan modul yang akan diberikan terhadap anggota khususnya para leader,diharapkan bisa menjadi acuan dalam menjalankan roda organisasi .
Sedangkan Ruang Lingkup dari Operasional System ini adalah:
1.   Operasional Struktur Organisasi Bentuk Struktural & Fungsional Struktur herarkhi & koordinasi Job Discription Master Security Program System Administrasi Bentuk Pembinaan Personalia Bentuk Pembinaan Logistik Hubungan antar menejemen pusat & wilayah tugas.
2.    Fungsi Kontrol
I    Kontrol Organisasi Prilaku Organisasi Dinamika Konflik
II  Kontrol Tugas Pokok Pengawasan Tugas Harian Patroli berkala
III Penilaian & Pemeliharaan Kemampuan Pemahaman Tugas Pokok Penilaian Disiplin & Kreatifitas kerja Pembinaan Fisik, Intelegency & Koordinasi
3.       System Penggalangan Penggalangan Instansi Sipil & Militer  Bagan alir metode penggalangan       Problem Solfing masalah eksternal   Aktualisasi gerakan simpati

4.       Total Quality Servis v      Emphaty ( memahami keinginan Klien ) v      Responshif ( segera mengambil tindakan ) Reability ( menyesuaikan dg dinamika lapangan ) Garanty ( penjaminan )
Kwality ( kwalitas pekerjaan )      
5.    Standart dan Prosedur Penanganan Masalah   Dengan pemahaman wawasan yang akan diberikan oleh pihak menejemen terhadap anggota, khususnya para leader seperti yang tersebut diatas, diharapkan dapat menjawab semua tantangan yang dipikulkan terhadap para pimpinan yang berada diwilayah tugas.